Pages

Quote-quote ajaib...

Rabu, 16 Maret 2011

Kalo dipikir-pikir dan diresapin quote-nya dokter-dokter tempat saya belajar lucu-lucu juga, dan beberapa menusuk tepat di hati. Saya sengaja mengumpulkan kata-kata ajaib beliau-beliau ini setelah terinspirasi dari twitter yang dilakukan teman-teman sejawat dan senior-senior saya.

Hal ini bermula ketika saya harus menjadi tawanan penguasa tunggal poli paru yang nyantai tapi penuh ketegangan *silahkan dibayangkan sendiri*. Akhirnya saya ngetwit quote-quote khas sang penguasa tunggal yang keras menusuk, tapi juga lucu *menurut saya*, yang akhirnya berlanjut ke quote-quote dokter-dokter yang laen dari para teman sejawat saya.

Saya tidak mengingkari kalo suatu saat saya akan merindukan masa-masa ini. Masa dimana saya dididik dan ditempa menjadi dokter yang baik, sesuai harapan beliau-beliau yang ajaib ini. Ini berdasarkan pengalaman senior-senior saya di twitter juga.

Marah-marahnya beliau, atau mungkin saat bercandanya beliau kepada kami para DM yang tidak punya pengalaman apa-apa sangat berkesan buat saya pribadi dan teman-teman sejawat saya yang lain.

Terima kasih telah mendidik kami….

Dan inilah dia, quote-quote ajaib sepanjang masa….

Knowledge itu bisa kalian dapat dari buku, kalo skill dari sini! (Nurtjahja, 2011).

Ini saat saya harus menemani beliau ke ruang nifas dan beliau menginstruksikan kepada saya untuk memeriksa pasien konsulan….

Itu potret Indonesia hari ini! (Nurtjahja, 2011).

Kata-kata khas ini popular sekali di kalangan DM tempat saya belajar. Kata-kata khas beliau untuk membuat kami-kami prihatin dengan kenyataan bangsa ini. Yak, nasionalisme kami diuji dengan Indonesia hari ini…..

Kalian itu sarjana, kalian harus kejar yang terbaik, yang lengkap! (Nurtjahja, 2011).

Ini kata-kata beliau di poli paru yang berhawa mistis kepada saya dan partner saya saat itu *saya gak inget Taufiq atau Andika*, karena pemeriksaan fisik kami kacau balau…

Dokter yg baek adalah dokter yg bagus patofisiologinya (Santosa, 2011).

Kalo ga salah pas lapsusnya Jung Ah Hai….

Belajarlah pada buku,bukan pada gendruwo (Soepadi,2011).

Saya belom masuk bedah, tapi beliau merupakan orang yang akan saya abadikan quotenya juga…. Jadi nantikan kelanjutannya…

Temenan to arek-arek iki sekolah dokter? (terjemahan: Beneran to kalian ini sekolah dokter?) (Nurtjahja, 2011).

Soalnya beliau menilai pemeriksaan fisik kami tidak lengkap….

Dengan paham patofisiologi kamu akan paham mekanisme obat untuk penyakit tersebut jadi kamu ga akan bisa dibohongi perusahaan obat (Hoedojo,2011).

Ini saat Bugs_Ndut ujian bersama beliau, intinya Bugs spesialis quotenya beliau, mendinglah daripada Bugs joged-joged ala SNSD lagi….

Yang penting bukan stetoskopnya tapi kuping sama otakmu (Dandi, 2010).

Ini dari Sp. JP legenda sigh *bacanya kayak cieeeeee*

Sontoloyo,minggato nang neroko..! (Terjemahan: Sontoloyo, minggat ke neraka sana!) (Gebyar, tiap tahun).

Kalo lagi visited an tak bisa menjawab, siap-siap lah kena kata-kata ini….

Jika ada pasien mual, sudah berobat kemana-mana tapi tidak sembuh, pikirkan kolelitiasis (Santosa,2010).

Pas lapsus…. Sepertinya bukan lapsus Jung Ah Hai…

Untuk pengobatan hipertensi lebih baik langsung menggunakan obat kombinasi dimulai dengan dosis rendah daripada terapi tunggal (Suryono,2011).

Saat memaksa para DM untuk minta tentiran ke beliau… Benar-benar pendidik yang baik… saya ngefan….

The satisfy of having sex is not depend on your genital but in your heart (Yudho, 2011).

Hari-hari yang berkesan di Bone International Hospital….

Jika ada pasien shock tiba-tiba tanpa sebab.. Curigai kemungkinan adanya Krisis Adrenal (Santosa, 2011).

Pas Lapsus dan referat Jung Ah Hai…

Janganlah mengobral pemakaian antibiotika..gunakanlah sesuai indikasi (Santoso, 2011).

Lapsus senior saya…..

Diagnosis tegak, kirim ke puskesmas, yo entek pasienku (Nurtjahja, 2011).

Hikayat pasien TB paru… kalo sudah tegak diagnosis lalu alih rawat ke puskesmas… Saya jadi berpikir saya tidak akan mengambil spesialisasi ini…

Buat apa kamu di sini, dapat apa kamu di sini? (Nurtjahja, 2011).

Saat waktunya pulang, saya jadi bertanya-tanya kenapa saya tahan berada di poli tersebut….

Pacaran ngentekne duit, kawin ngentekne duit, tingkepan ngentekne duit. Anake mati kenek TB… Hoooo… (terjemahan: Pacaran menghabiskan uang, kawin menghabiskan uang, tingkepan menghabiskan uang. Anaknya mati kena TB) (Nurtjahja, 2011).

Lanjutannya Ini potret Indonesia hari ini….

Anak itu harus dekat dengan orang tuanya. Biar profilnya profil ortunya, bukan profil pak kyai. Apalg tkg kawin kyainya. (Nurtjahja, 2011)

Beliau memang kritis kalo soal-soal kayak begini….

Ini ada diabetesnya ini, pabrik gula jalan ini. (Nurtjahja, 2011).

Saat nyebut pasien Diabetes mellitus….

Betoool, betoool itu (Gebyar, 2011).

Kalo sukses menjawab pertanyaan beliau… habis itu akan diterangkan beliau lebih jelasnya lagi…

Jadi DM itu adalah saat kulakan, dagangnya kalo sudah jadi dokter. Selagi masih DM kulakanlah sebanyak-banyaknya (Rangkuti, 2011).

Pas awal masuk saraf….

Yak nanti kalo ada quote-quote bagus lagi saya posting di sini…

Terima kasih untuk para contributor, @bugs_ndut, @fahmi_adhi, @wennimei, @rica_rica, @riskanyutanhp, @pramestiw, @rienaagustin, dan masih banyak lagi….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar